Hakikat Organisasi

Setiap orang pasti hidup dalam organisasi, meskipun organisasi tersebut ruang lingkupnya kecil. Setiap organisasi memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai oleh anggota-anggotanya. Tujuan oerganisasi akan dapat tercapai apabila seluruh anggota berpartisipasi dalam kegiatan organisasi. Secara garis besar organisasi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu organisasi formal  dan organisasi informal. Pembagian tersebut tergantung pada tingkat atau derajat mereka. Namun dalam kenyataannya tidak ada sebuah organisasi formal maupun informal yang sempurna.



PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi berasal  dari kata organon yang dalam bahasa Yunani berarti alat. Berikut ini beberapa pengertian organisasi.
§     Organisasi adalah sekelompok orang ( dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
§     Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi ternetu dalam mencapai serangkaian tetentu.
§     Organisasi adalah sekumpulan orang atau sekelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama.
§     Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
§     Organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. 

UNSUR-UNSUR PEMBENTUK ORGANISASI
Untuk menjalankan aktivitasnya dalam mencapai tujuan, sebuah organisasi harus memiliki unsur-unsur pembentuk organisasi, diantaranya:
1.           Anggota, anggota organisasi adalah manusia. Orang yang berkecimpung dalam organisasi disebut organisator.
2.          Tempat, setiap organisasi selalu memiliki tempat atau sekretariat.
3.          Tujuan, saat sebuat organisasi dibentuk, tentunya ada tujuan yang hendak dicapai.
4.          Struktur, artinya hubungan kerja antar bagian.

CIRI-CIRI ORGANISASI
Secara umum, organisasi memiliki ciri sebagai berikut:
1.           Adanya suatu kelompok yang dapat dikenal dan saling mengenal
2.          Adanya kegiatan yang berbeda-beda, tetapi saling berkaitan
3.          Setiap orang memberikan kontribusi sumbangan  pemikiran dan tenaga
4.          Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan
5.          Adanya perumusan tujuan yang akan dicapai

STRUKTUR ORGANISASI
Keberhasilan organisasi sangat tergantung dari peran anggota suatu organisasi. Struktur  organisasi secara umum meliputi:
1.           Pengurus
2.          Pengawas
3.          Pelindung
4.          Penasihat
5.          Anggota

PRINSIP ORGANISASI
1.           Mempunyai tujuan yang jelas
2.          Memiliki struktur organisasi
3.          Memiliki pembaigan tugas, wewenang, dan tanggung jawab
4.          Bersifat fleksibel
5.          Memiliki pemimpin

Dalam berorganisasi pasti selalu ada misscommunication, jangan sampai misscommunication ini dibiarkan berlarut-larut, sehingga membuat kita tidak nyaman dalam berorganisasi. Setiap ada misscommunication tersebut hendaknya kita melakukan evaluasi terhadap diri masing-masing, sehingga bisa memperbaiki diri kita dan selanjutnya tidak mengulangi hal yang sama.


 加油!!

0 komentar:

Posting Komentar