Setiap orang pasti hidup dalam organisasi, meskipun
organisasi tersebut ruang lingkupnya kecil. Setiap organisasi memiliki tujuan
bersama yang ingin dicapai oleh anggota-anggotanya. Tujuan oerganisasi akan
dapat tercapai apabila seluruh anggota berpartisipasi dalam kegiatan
organisasi. Secara garis besar organisasi dapat dibedakan menjadi dua
macam, yaitu organisasi formal dan organisasi informal. Pembagian
tersebut tergantung pada tingkat atau derajat mereka. Namun dalam kenyataannya
tidak ada sebuah organisasi formal maupun informal yang sempurna.
PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi berasal dari kata organon yang
dalam bahasa Yunani berarti alat. Berikut ini beberapa pengertian organisasi.
§
Organisasi adalah
sekelompok orang ( dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu
kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
§
Organisasi adalah
sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi ternetu dalam
mencapai serangkaian tetentu.
§
Organisasi adalah
sekumpulan orang atau sekelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya
mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama.
§
Organisasi adalah bentuk
setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
§
Organisasi adalah suatu
sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
UNSUR-UNSUR PEMBENTUK ORGANISASI
Untuk menjalankan aktivitasnya dalam mencapai tujuan,
sebuah organisasi harus memiliki unsur-unsur pembentuk organisasi, diantaranya:
1.
Anggota, anggota organisasi
adalah manusia. Orang yang berkecimpung dalam organisasi disebut organisator.
2.
Tempat, setiap organisasi
selalu memiliki tempat atau sekretariat.
3.
Tujuan, saat sebuat
organisasi dibentuk, tentunya ada tujuan yang hendak dicapai.
4.
Struktur, artinya hubungan
kerja antar bagian.
CIRI-CIRI ORGANISASI
Secara umum, organisasi memiliki ciri sebagai berikut:
1.
Adanya suatu kelompok yang
dapat dikenal dan saling mengenal
2.
Adanya kegiatan yang
berbeda-beda, tetapi saling berkaitan
3.
Setiap orang memberikan
kontribusi sumbangan pemikiran dan tenaga
4.
Adanya kewenangan,
koordinasi dan pengawasan
5.
Adanya perumusan tujuan
yang akan dicapai
STRUKTUR ORGANISASI
Keberhasilan organisasi sangat tergantung dari peran
anggota suatu organisasi. Struktur organisasi secara umum meliputi:
1.
Pengurus
2.
Pengawas
3.
Pelindung
4.
Penasihat
5.
Anggota
PRINSIP ORGANISASI
1.
Mempunyai tujuan yang jelas
2.
Memiliki struktur
organisasi
3.
Memiliki pembaigan tugas,
wewenang, dan tanggung jawab
4.
Bersifat fleksibel
5.
Memiliki pemimpin
Dalam berorganisasi pasti selalu ada
misscommunication, jangan sampai misscommunication ini dibiarkan
berlarut-larut, sehingga membuat kita tidak nyaman dalam berorganisasi. Setiap ada
misscommunication tersebut hendaknya kita melakukan evaluasi terhadap diri
masing-masing, sehingga bisa memperbaiki diri kita dan selanjutnya tidak
mengulangi hal yang sama.
加油!!
0 komentar:
Posting Komentar