Menengok Hubungan
Taiwan-China: Musuh Tapi Mesra
Jumat, 06/11/2015 08:57
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Cina Xi
Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou akan bertemu untuk pertama kalinya
sejak kedua negara berpisah lebih dari 60 tahun lalu. Statusnya, Cina dan
Taiwan masih bertikai, namun belakangan dalam praktiknya hubungan keduanya kian
mesra dengan kerja sama yang terus meningkat.
Sabtu mendatang di Singapura adalah kali pertama pertemuan kedua kepala
negara berlangsung. Sebelumnya, pertemuan antara pemimpin Taiwan dan Cina
terjadi tahun 1945. Saat itu Ketua Kuomintang Chiang Kai-sek bertemu dengan
pemimpin Partai Komunis Mao Zedong usai berakhirnya penjajahan Jepang di akhir
Perang Dunia II. Tahun 1949, Taiwan memisahkan dari Cina.
Mengutip CNN, Chiang dengan partainya, Partai Nasionalis atau
Kuomintang kalah dalam perang saudara melawan pasukan Partai Komunis, dan kabur
ke Taiwan, pulau di tenggara Cina daratan. Sebelumnya, Kuomintang memerintah
Cina setelah dinasti kekaisaran terakhir negara itu ambruk dengan nama Republik
Cina.
Di tahun kekalahan Kuomintang, Partai Komunis mendirikan negara
Republik Rakyat Cina yang dideklarasikan oleh Mao di Gerbang Tiananmen,
Beijing. Sejak saat itu, dua pemimpin memerintah terpisah.
Hubungan kedua wilayah menjadi sangat rumit. Taiwan dan Cina sama-sama
masih menganggap diri satu negara, namun dalam praktiknya terpisah sejak tahun
1949. Taiwan dan Cina sama-sama menyebut diri "Cina". Hingga tahun
1971, Taiwan memegang kursi perwakilan Cina di PBB sebelum kalah pengaruh dari
Partai Komunis di Beijing.
Amerika Serikat yang sejak lama menentang pemerintahan komunis Cina
selama bertahun-tahun hanya membuka kantor perwakilan di Taiwan. Tapi pada 1979
saat menormalisasi hubungan dengan Beijing, Washington memindahkan kedutaan
besar ke Cina dan menutup perwakilan diplomatik di Taiwan.
Secara teknis, Cina dan Taiwan masih dianggap satu negara oleh pihak
Kuomintang dan Partai Komunis. Hal yang sama juga diterapkan melalui hubungan
diplomatik, atau yang dikenal dengan "Satu Cina."
Kebijakan ini membuat banyak negara harus memilih, hubungan diplomatik
dengan Taiwan atau Cina, yang biasanya dimenangkan Beijing. Namun hal ini tidak
menyurutkan kerja sama diplomatik walau dengan wujud lain. Biasanya, Taiwan
memiliki kantor dagang dan ekonomi di negara-negara lain, yang berfungsi mirip
kedutaan besar.
Konflik kecil
Dalam sejarahnya, hubungan Cina-Taiwan sangat buruk, diwarnai dengan
konflik-konflik kecil yang dikhawatirkan akan menjadi perang terbuka. Apalagi
banyak pihak di Taiwan yang mendesak deklarasi kemerdekaan. Namun Cina tahun
2005 telah menerbitkan undang-undang, berisikan ancaman aksi militer jika
Taiwan mengumumkan merdeka. Konon, rudal Cina saat ini juga sudah mengarah ke
Taiwan, siap kapan pun ditembakkan.
Tapi dalam 20 tahun terakhir, hubungan mulai membaik. Walau secara
diplomatis berseteru, namun dalam bidang ekonomi keduanya akrab, terutama
setelah Ma Ying-jeou memimpin tahun 2008.
Taiwan menanamkan investasi miliaran dolar di Cina, yang merupakan
rumah bagi 1,3 juta orang dengan perekonomian kedua terbesar dunia. Jutaan
turis dari Cina juga sering berlibur ke Taiwan, kendati petugas imigrasi kedua
negara saling menolak paspor. Bahkan kini sudah ada penerbangan langsung dari
Cina ke Taiwan, negara berpopulasi 23 juta jiwa.
Menurut laman Vox.com, setidaknya ada dua alasan mengapa hubungan dua
negara kian mesra.
Alasan pertama, adalah saling klaim negara sudah sangat melelahkan dan
perang dengan mengerahkan militer akan memakan banyak biaya dan korban jiwa.
Taiwan juga tidak mungkin bergabung dengan Cina, karena Taiwan memiliki standar
hidup yang tinggi dan menjunjung kebebasan politik.
Alasan kedua adalah demokrasi. Sejak dibentuk 1949, Taiwan adalah
negara demokratis dengan pemilihan umum yang terbuka dan menentang segala
bentuk pengekangan. Tahun lalu saja, ratusan ribu warga Taiwan turun ke jalan
memprotes perjanjian dagang dengan Cina.
Suka tidak suka, rakyat Taiwan harus menyadari bahwa Cina adalah mitra
dagang terbesar mereka. Volume perdagangan kedua negara tahun lalu mencapai
US$198 miliar.
Membicarakan apa?
Pertemuan terakhir antara Mao dan Chiang 70 tahun lalu sebelum
dimulainya kembali babak baru perang saudara adalah soal persatuan Cina. Namun
kedua pihak berkeras menerapkan ideologi masing-masing sehingga terpecah belah.
"Bagi saya kemenangan berarti dimulainya pembangunan
sejati--ekonomi dan politik--bebas dari campur tangan luar," kata Chiang
saat itu, dikutip dari TIME.
Nasionalis dan Komunis Cina yang lama berseteru memutuskan bersatu melawan
penjajah Jepang. Setelah Jepang kalah perang tahun 1945, perang saudara
berlanjut yang berujung kekalahan Kuomintang.
Dalam pertemuan antara Xi dan Ma Sabtu besok di Singapura, pembicaraan
bukan soal perdamaian dan perbaikan hubungan kedua negara, tapi lebih kepada
bentuk simbolis menurunnya ketegangan Cina-Taiwan.
Bagi Ma, membaiknya hubungan dengan Cina adalah salah satu prioritas
utamanya, walau langkah ini membuat popularitasnya menurun di dalam negeri.
Masa jabatannya akan habis Januari mendatang, dan ini akan menjadi peninggalan
bersejarah Ma sebagai pemimpin negara.
Bagi Xi juga demikian, pertemuan ini akan menjadi tolok ukur hubungan
dengan Taiwan di masa mendatang, bahkan jika nanti jiran Cina itu dipimpin oleh
Partai Progresif Demokratis yang bersikap anti-Cina.
Sebelumnya, berdasarkan diplomat Asia yang diwawancara New York Times,
Ma telah berkali-kali meminta bertemu dengan Xi, dan ditolak pada awalnya. Bisa
jadi, kata sumber itu, kali ini Xi akan memberikan sesuai pada Ma yang dinilainya
menerapkan kebijakan pro-Cina.
Implikasi Kerjasama
Cina-Indonesia: Masuknya Ribuan Pekerja Cina di Banten dan Papua
04 Juli 2015 15:01:01
Permintaan Jokowi lewat pidatonya di KTT APEC di Beijing, 8-12 November
2014 agar negara-negara Asia Pasifik datang dan menanamkan modalnya di
Indonesia ditanggapi dengan sangat antusias oleh Cina. Cina kemudian langsung
membuat rencana investasi besar-besaran di Indonesia. Penjajakan investasi itu
dikonkritkan oleh Presiden Jokowi lewat kunjungannya ke Beijing pada tgl 25-27
Maret 2015 yang lalu. Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi berhasil menyepakati
delapan nota kesepahaman Indonesia-China.
Kedelapan nota kesepahaman itu adalah kerjasama ekonomi antara Kemenko
Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRC, kerjasama
Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung antara Kementerian BUMN dan
Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRC, kerjasama maritim dan SAR antara
Basarnas dan Kementerian Transportasi RRC, Protokol Persetujuan antara
Pemerintah RRC dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara,
Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara LAPAN dan Lembaga Antariksa RRT,
kerjasama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan China
Pembangunan, kerjasama antara pemerintah RRC dan RI dalam pencegahan pengenaan
pajak ganda kedua negara dan kerja sama bidang industri dan infrastruktur
antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRC.
Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman itu, Wakil
Perdana Menteri Cina Liu Yandong, datang ke Indonesia pada tanggal 27 Mei 2015.
Dalam sambutannya di Auditorium FISIP UI, Yandong mengatakan bahwa akan
mengirimkan banyak warga negaranya untuk datang ke Indonesia demi mencapai kerjasama
yang ideal antara Indonesia dan Cina dalam berbagai bidang. Menurut Liu Yandong
kala itu, Cina akan lebih mempererat kerja sama dengan Indonesia di bidang
keamanan politik, ekonomi dan perdagangan, serta humaniora. Kerjasama bilateral
Indonesia-Cina sangat penting mengingat jumlah penduduk kedua negara sangatlah
besar mencapai 1.6 miliar jiwa atau seperempat dari total penduduk dunia.
Dalam mewujudkan kedelapan nota kesepahaman antara Indonesia-Cina itu
ada beberapa implikasi yang memunculkan isu-isu strategis terutama bagi
Indonesia. Isu-isu itu sangat sensitif dan bisa membahayakan Indonesia ke
depan. Isu-isu strategis itu adalah:
Pertama, migrasi besar-besaran 10 juta (apakah 10 juta pelancong
sebagaimana dijelaskan Jokowi?) warga Cina ke Indonesia. Migrasi itu terkait
dengan investasi besar Cina di Indonesia. Kedatangan warga Cina berpeluang
memunculkan isu-isu politik yang luar biasa dahsyat. Selain itu akan
menimbulkan persaingan budaya antara Warga Cina dengan Pribumi. Terjadi
pertarungan untuk mempertahankan siapa yang lebih dominan. Ini menjadi sumber
masalah baru bagi bangsa Indonesia ke depannya. Mengingat jumlah 10 juta jiwa
itu (ini kalau benar, dan hanya bisa dibuktikan kebenarannya beberapa tahun
kemudian) bukanlah suatu jumlah yang sedikit, dikhawatirkan menjadi strategi
Cina untuk menguasai Indonesia. Secara pelan memasukkan warga negara Cina ke
Indonesia, kemudian mendesak keluar warga pribumi Indonesia pada perannya di
sektor-sektor strategis di Indonesia digantikan warga Cina. Hingga akhirnya
pemilik Indonesia bukanlah orang-orang dari keturunan Nusantara, tapi adalah
orang-orang Cina.
Kedua, Program Jokowi yang meminjam duit Cina sebanyak 520 triliun atau
USD 40 miliar dengan kedok investasi untuk membiayai sejumlah BUMN seperti proyek
kereta api di berbagai daerah di Indonesia, pembiayaan listrik 35 ribu MW,
membuat posisi Indonesia berada di tubir jurang kehancuran. Sekarang ini
kondisi perekonomian Indonesia belum menunjukan perubahan positif secara
signifikan. Jika nanti terjadi krisis dan tidak mampu bayar, maka secara
otomatis perusahaan-perusahaan BUMN akan jatuh kepada tangan asing. Dengan kata
lain, jika terjadi krisis seperti yang terjadi pada tahun 1998, maka BUMN-BUMN
Indonesia akan jatuh ke tangan Cina.
Ketiga, Dana yang digelontorkan oleh Cina dengan kedok investasi,
selalu terlampir syarat-syarat terselubung. Salah satu syarat yang sudah
terlaksana dan disetujui oleh Jokowi adalah bahwa pelaksanaan seluruh mega
proyek Cina di Indonesia mengharuskan tenaga kerjanya didatangkan dari Cina.
Persetujuan ini kemudian menjadi nyata ketika mulai datang ribuan tenaga kerja
dari Cina ke Indonesia. Kedatangan ribuan tenaga kerja dari Cina (ini dikecam
oleh anggota DPR) dan ditempatkan di Papua dan Banten, bertolak belakang dengan
tindakan PHK yang terjadi di berbagai daerah. Di sisi lain Pemerintah
mengizinkan TKA bekerja di Indonesia dan diperparah lagi Pemerintah melanggar
aturan yang dibuatnya sendiri. Pasalnya, hal tersebut melanggar UU
Ketenagakerjaan dan Keputusan Menteri No 15 Tahun 2015 tentang Jabatan diduduki
oleh Tenaga Kerja Asing (TKA) yang dibuat oleh M. Hanif Dhakiri sendiri.
Regulasi ketenagakerjaan bahwa TKA yang bekerja di Indonesia harus
sesuai dengan keahlian dan menempati jabatan tertentu serta bertujuan untuk mentransfer
ilmu kepada pendambingnya yakni warga negara Indonesia dengan waktu yang
ditentukan. Namun, faktanya TKA seperti di Lebak Provinsi Banten dan Manokwari
Provinsi Papua sebagian besar adalah buruh. Ini berarti pemerintah sama saja
menyakiti rakyat dengan mempersempit peluang kerja, di saat angka pengangguran
di Indonesia masih tinggi. Pemerintah kelihatan tunduk pada kemauan investor.
Akibatnya, Menteri Hanif kelabakan atau salah tingkah menjelaskan kedatangan
ribuan buruh asal Cina itu. Lalu bagaimana pihak imigrasi, kepolisian dan
Menteri Hanif sendiri bertindak tegas atas kedatangan warga Cina itu, sementara
kedatangan mereka itu adalah bagian dari konsekuensi pembukaan keran investasi
asing oleh Jokowi?
Keempat, ijin kepemilikan properti oleh warga asing di Indonesia.
Percepatan proyek pembangunan hotel, apartemen, menara kondominium dan properti
lainnya adalah untuk menampung 10 jutaan warga negara Cina yang akan segera
datang ke Indonesia. Bukan sekedar berkunjung, tapi menetap selamanya. Dan tepat
sekali kebijakan yang akan diambil Presiden Jokowi, dimana akan segera
memberikan ijin kepada asing untuk memiliki properti di Indonesia. Dengan
begitu warga negara Cina yang berdatangan akan secara sah memiliki properti di
Indonesia. Memudahkan mereka untuk juga secara sah menjadi warga negara
Indonesia. Ada infromasi dari berbagai media bahwa puluhan ribu Kartu Tanda
Penduduk (KTP) indonesia telah dipalsukan untuk mememudahkan warga negara Cina
yang akan masuk ke Indonesia. Dengan memiliki properti dan KTP, akan mudah lagi
bagi mereka untuk mengusai Indonesia sepenuhnya. Ini bisa berbahaya.
Jika ditarik benang merah atas kebenaran migrasi 10 jutaan warga negara
Cina (sebelumnya dianggap ngawur atau hoax lalu dijelaskan hanya sebagai
pelancong) menjadi pelan-pelan terang benderang kebenarannya. Sebelumnya Jokowi
mengundang asing untuk berinvestasi di Indonesia dengan mempermudah
syarat-syarat investasi. Lalu Jokowi berkunjung ke Beijing, terus dibalas oleh
Wakil PM Liu Yandong. Investasi Cina pun di mulai di Indonesia dengan membangun
rel kereta api di beberapa tempat dan membangun pabrik semen di Papua.
Datanglah ribuan pekerja Cina dan ditempatkan di Banten dan Papua (ini juga
fakta, telah didengar oleh DPR). Terus Jokowi mewacanakan kepemilikan properti
oleh WNA. Maka agak sulit dibantah kebenaran migrasi 10 juta warga Cina itu.
Jadi implikasi kerjasama Cina-indonesia itu memang bisa menguntungkan
Indonesia dengan mendapat investasi besar-besaran dari Cina. Namun sebaliknya
bisa juga berpotensi merugikan Indonesia terutama memunculkan isu-isu
strategis. Sebagai contoh kedatangan buruh migrasi dari Cina yang ditempatkan
di Banten dan Papua telah membuat miris publik di tengah tingginya pengangguran
di Indonesia. Jokowi telah berkomitmen untuk menarik investasi asing ke
Indonesia demi mempercepat pembangunan. Namun di balik investasi itu selalu
saja ada syarat-syarat terselubung seperti harus dikerjakan oleh warga negara
si pemilik investasi. Inilah yang menjadi PR Jokowi, cerdas menarik investasi
asing tanpa mengorbankan rakyat Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar