Telaah Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia SMA/MA
Kelas XII
Disusun untuk melengkapi Tugas Mata Kuliah Telaah
Kurikulum dan Buku Teks
Dosen
Pengampu: Hudiyekti Prasetyaningtyas, S.S., M.Pd., M. TCSOL
Disusun Oleh
Nadya Putri K
(2925151465)
Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Jakarta
2017
Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan Kehadirat Allah
swt., karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya lah sehingga saya dapat
menyelesaikan makalah telaah buku teks “Cerdas Berbahasa Indonesia”
ini tepat pada waktunya. Saya berusaha menyusun makalah ini sedemikian rupa
dengan harapan dapat membantu pembaca dalam memahami buku teks “Cerdas
Berbahasa Indonesia”. Disamping itu, saya berharap bahwa makalah ini
dapat menambah wawasan bagi para pembaca tentang buku teks “Cerdas Berbahasa Indonesia” ini.
Saya menyadari bahwa didalam pembuatan makalah buku teks “Cerdas
Berbahasa Indonesia” ini masih ada kekurangan, sehingga saya
berharap saran dan kritik dari pembaca khususnya Dosen Pengampu mata kuliah
Telaah Kurikulum dan Buku Tekas agar dapat meningkatkan mutu dalam penyajian
berikutnya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.
Penulis
BAB I
Pendahuluan
1.1.
Latar belakang
Buku teks merupakan media yang sering digunakan oleh seorang pengajar
untuk di berikan kepada siswa maupun mahasiswa sebagai media pembelajaran.
Namun, beberapa tahun ini banyak sekali buku teks yang tidak sesuai dengan apa
yang diharapkan. Tidak sedikit buku teks yang tidak layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran.
Buku teks di katakan layak digunakan sebagai media pembelajaran apabila
memenuhi beberapa aturan, yaitu:
A. Judul buku
B. Nama penulis
C. Kota penerbit
D. Tahun terbit
E. Nomor cetakan
F. Jumlah bab
G. Jumlah halaman
H. Ukuran buku
I. Jenjang tugas
J. Jenjang sekolah
K. Nomor ISBN
L. Struktur buku teks
yang meliputi:
a. Bagian dalam buku
(sampul depan dan sampul belakang)
b. Bagian dalam bab
M. Kelayakan isi yang
meliputi:
a. Kelayakan materi
b. Kemuktahiran
c. Gradasi
N. Kelayakan penyajian
O. Kelayakan bahasa
yang meliputi:
a. Keakuratan
penggunaan bahasa
b. Komunikatif
c. Kesesuaian dengan
perkembangan peserta didik
P. Aspek kegrafikaan
yang meliputi:
a. Jenis dan ukuran
font
b. Tata letak
c. Warna
d. Ukuran buku
Q. Kelengkapan lain
a. Instrumen audio
b. Instrumen visual
Jika didalam buku
teks sudah terdapat beberapa aturan di atas, maka buku teks tersebut layak
untuk digunakan untuk media pembelajaran. Namun jika hanya ada sedikit
persyaratan di atas didalam buku teks,
maka buku teks tersebut belum layak digunakan sebagai media pembelajaran.
1.2.
Rumusan masalah
A. Apakah buku teks ini
layak untuk digunakan atau tidak?
B. Dilihat dari segi
apa buku teks ini layak atau tidak untuk digunakan dalam pembelajaran?
1.3.
Tujuan
A. Mengetahui layak
atau tidak buku teks ini digunakan untuk media pembelajaran
bagi peserta didik.
B. Mengetahui apa saja
yang harus ada di dalam buku teks sehingga buku teks layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran.
BAB II
Landasan Teori
Buku teks merupakan buku pedoman yang sering digunakan oleh pengajar
untuk melakukan aktifitas belajar mengajar. Buku teks disusun oleh para pakar
yang ahli di bidangnya. Penggunaan buku teks sebagai tujuan pembelajaran yang
mengacu pada kurikulum.
Kurikulum merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan formal
atau dikenal sebagai sistem persekolahan. Oleh karena itu, buku teks menjadi
acuan dari tujuan pembelajaran. Buku teks juga sebagai buku acuan dari
Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Kompetensi Lulusan menyatakan kemampuan minimal yang harus dimiliki
peserta didik setelah menyelesaikan suatu jenjang sekolah. Kompetensi Inti
merupakan turunan dari kompetensi lulusan untuk menyatakan kemampuan yang harus
dimiliki oleh peserta didik setelah menyelesaikan semua pembelajaran dalam satu
jenjang kelas. Kompetensi dasar adalah turunan lebih rinci dari kompetensi
inti.
Kegunaan buku teks juga harus menarik minat dan motivasi peserta didik
agar ingin menggunakannya sebagai salah satu buku pedoman. Buku teks pada saat
ini sudah jarang digunakan oleh peserta didik sebagai buku acuan. Pada saat ini
peserta didik lebih tertarik dengan internet untuk mencari informasi.
BAB III
Analisis
Telaah Buku Teks
SMA/MA Kelas XII
Bab 1 “Kegiatan
Bersama”
Halaman 1-24
1.
Judul buku :
Cerdas Berbahasa Indonesia
2.
Penyusun : E. Kosasih. M. Pd.
3.
Editor : Nokky Panji W.,
S.S.
4.
Setting & Layout : Tim Bupel SMP &SMA Dept. Setting
5.
Desain Sampul : Muhammad Nauval
6.
Percetakan : PT Gelora Aksara Pratama
7.
Penerbit :
Erlangga
8.
Kota penerbit :
Jakarta
9.
Tahun terbit :
2007
10. Nomor cetakan : 1
11. Jumlah bab : 8 bab
12. Jumlah halaman : 196 halaman
13. Ukuran buku : - cm x - cm
14. Jenjang tugas : kelas XII
15. Jenjang sekolah : SMA/MA
16. Nomor ISBN : 978-979-075-374-7
A.
Kesesuaian
Materi Dengan Kurikulum (SK DAN KD) Ke
dalam materi terdiri atas:
a.
Kesesuaian
wacana: dalam buku teks cerdas berbahasa Indonesia kelas XII bab 1 yang
ditelaah, wacana yang disajikan merujuk pada ruang lingkup yang ada dalam
standar isi, diantaranya mendengarkan dan berbicara. Mulai pengenalan konsep
sampai dengan interaksi wacana disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta
didik. Pemilihan bentuk, kesesuaian dan variasi wacana mencerminkan kedalaman
materi.
Wacana yang ada
antara lain:
1. Sub bab: Mendengarkan
laporan kegiatan dan Mencatat pokok-pokok laporan
SK: Memahami
informasi dari berbagai laporan
KD: Mengomentari
berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Wacana: gambar,
tulisan, penjabaran
2. Sub bab: Membedakan
fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
SK: Memahami
informasi dari berbagai laporan
KD: Membedakan
fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
Wacana:
penjabaran
3. Sub bab: Melaksanakan
diskusi; mencatat pembicara dan pokok pembicaraan dalam diskusi; mengajukan
pertanyaan dalam diskusi; mengemukakan perstujuan atau penolakan
SK: Mengungkapkan
gagasan, tanggapan dan informasi dalam diskusi
KD: Menyampaikan
gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
Wacana: gambar,
penjabaran
4. Sub bab: Membaca
cerpen dan memahami isinya, menceritakan kembali isinya, menjelaskan
unsur-unsur cerpen
SK: Mengungkapkan
gagasan, tanggapan dan informasi dalam diskusi
KD: Menyampaikan
intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
Wacana: cerpen
yang berjudul Gadis!, gambar, penjabaran
5. Sub bab: Meresensi
kumpulan cerpen: unsur-unsur resensi buku
SK: Mengungkapkan
gagasan, tanggapan dan informasi dalam diskusi
KD: Menyampaikan
intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
Wacana: gambar,
penjabaran
b.
Kualitas wacana:
wacana yang
disajikan mencakup ruang lingkup yang dinyatakan di dalam standar isi berupa
dua aspek keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan dan berbicara.
c.
Keakuratan dalam
pemilihan wacana:
Materi-materi
yang disajikan dengan kenyataan yang ada dengan menyebutkan sumber yang jelas
dan sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik.
d.
Keakuratan dalam
pemilihan contoh:
Penjabaran dalam bab 1 yang ditelaah mempunyai konsep
dari mudah ke sulit, dari yang sederhana ke rumit.
e.
Keakuratan dalam
pelatihan:
Pelatihan yang
diberikan dapat mengukur kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi.
Dalam bab 1
materi yang disajikan sudah memenuhi criteria, diantaranya:
-
Kejelasan konsep
Dalam buku teks Cerdas
Berbahasa Indonesia ini sudah jelas antara pengertian dan pemahaman.
-
Relevan dengan kurikulum
Buku teks Cerdas
Berbahasa Indonesia ini sesuai jika digunakan di sekolah karena sesuai dengan
kurikulum yang berlaku.
-
Menarik minat
Dalam buku teks
ini penulisa memberikan gambar yang merupakan daya tarik bagi peserta didik,
sehingga peserta didik memiliki minat terhadap buku ini.
-
Menumbuhkan motivasi
Buku ini
menumbuhkan motivasi kepada peserta didik agar muncu rasa ingin tahu untuk
menguasai materi.
-
Menstimulasi aktivitas
Dalam buku ini
mampu merangsang, menantang dan membuat aktivitas peserta tinggi.
-
Bisa dimengerti oleh pemakainya
Buku ini sudah
sesuai dengan bahasa peserta didik, kalimat yang digunakan adalah kalimat
efektif, sopan dan menarik.
B.
Kelayakan Bahasa
-
Kesesuaian
dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik
Bahasa yang
digunakan dalam buku ini sudah menjelaskan dengan sesuai yang dapat dipahami
oleh peserta didik.
-
Kesesuaian
dengan tingkat perkembangan sosial emosional peserta didik
Bahasa yang
digunakan sesuai dengan tingkat kematangan sosial emosional peserta didik
-
Ketepatan bahasa
Ketepatan bahasa
dalam buku ini yaitu kata dan kalimat yang digunakan ini untuk menyampaikan
pesan mengacu pada kaidah Bahasa Indonesia, EYD.
C.
LAY OUT (Tata
Letak)
-
Desain Sampul
Buku
Desain sampul
muka, punggung dan belakang merupakan suatu kesatuan yang utuh. Elemen warna,
ilustrasi dan tipografi ditampilkan secara harmonis dan saling terkait antara
satu dan yang lainnya. Adanya kesesuaian daam penempatan unsur tata letak pada
bagian sampul maupun isi buku.
-
Ilustrasi Sampul
Buku
Ilustrasi
memberikan gambaran tentang buku yang dapat menarik minat peserta didik.
f. Huruf yang
sederhana
Dalam buku ini menggunakan jenis huruf yang mudah
dibaca oleh pesera didik.
g.
Unsur tata letak
lengkap
-
Penulisan sub judul sudah disesuaikan dengan hirarki
penyajian materi ajar.
-
Penempatan nomor halaman di buku ini ada di pojok
kanan bawah.
D. Kelayakan Penyajian
-
Konsistensi
sistematika penyajian
Di buku ini pada
bagian penutup terdapat latihan soal yang relevan dengan pokok bahasan
-
Keuntungan
konsep
Penjabaran dan
latihan yang disajikan memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya sehingga
peserta didik lebih mudah memahaminya.
BAB IV
KESIMPULAN
Setelah menelaah
buku teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII bab 1 “Kegiatan
Bersama” dapat disimpulkan bahwa:
1. Buku ini
materinya sudah sesuai dengan SK-KD kurikulum 2006
2. Buku teks
tersebut sudah sesuai dengan kriteria buku teks yang baik
3. Buku teks ini
bias dikatakan layak untuk dipergunakan oleh siswa SMA/MA Kelas XII dan guru
Bahasa Indonesian sebagain penunjang dalam kegiatan belajar mengajar.
Lampiran
DAFTAR PUSTAKA
Badudu, J.S. 1995. Inilah
Bahasa Indonesia yang Benar III. Jakarta: Gramedia.
Wilyanto, Asul. 2004. Terampil Menerapkan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta:
Grasindo.
0 komentar:
Posting Komentar